Breaking News
Cara Membuat WhatsApp Business API

WhatsApp Business API-Begini Cara Buatnya!

Cara Membuat WhatsApp Business API – Selama beberapa tahun terakhir, pemasaran aplikasi pesan semakin diminati di berbagai industri. Aplikasi seperti WeChat dan Facebook Messenger telah menyambut dan memungkinkan bisnis untuk menggunakannya sebagai saluran komunikasi sejak awal.

Pada tahun 2018, WhatsApp akhirnya bergabung dalam perlombaan dengan merek-merek di seluruh dunia dan memanfaatkan kesempatan untuk melamar WhatsApp Business API.

WhatsApp telah terbukti menjadi cara termudah dan paling ketat untuk mendorong keterlibatan pelanggan atau memberikan dukungan pelanggan dan memastikan komunikasi yang lancar dengan pelanggan.

Masalahnya adalah fungsionalitas API masih dalam tahap beta dan aksesnya masih terbatas. Untuk melihat peluang Anda mendapatkan WhatsApp API disetujui dalam perspektif, kami telah menyusun panduan yang jelas yang tidak hanya membawa Anda melalui proses langkah demi langkah tetapi juga membantu meningkatkan peluang Anda dengan membuat pilihan yang tepat di sepanjang jalan.

Siapa yang bisa mendapatkan API WhatsApp Business?

Seperti yang disebutkan, tidak semua orang bisa mendapatkan API WhatsApp Business, jadi sebelum Anda masuk ke artikel ini, pastikan Anda memiliki kesempatan untuk disetujui pada saat ini. Kami tidak ingin Anda membuang waktu, ada dua faktor utama yang mungkin memengaruhi kelayakan Anda:

Volume bisnis

Karena integrasi WhatsApp API adalah proses yang kompleks dan panjang yang masih diuji, layanan ini ditujukan untuk bisnis menengah dan besar yang sudah mapan.

Industri

Industri tempat Anda bekerja adalah faktor lain yang memainkan peran penting dalam tahap awal proses aplikasi, misalnya, WhatsApp mencoba menjauh dari organisasi yang dikelola pemerintah atau politik.

Industri lain yang tidak didukung oleh WhatsApp API termasuk vendor perangkat lunak independen dan industri uang nyata seperti game dan perjudian; konten dan hiburan dewasa; lengan; Alkohol dan tembakau serta suplemen dan obat-obatan lainnya. Anda dapat meninjau kebijakan komersial WhatsApp lengkap di situs web mereka.

Di sisi lain, industri yang disukai oleh WhatsApp termasuk real estate, layanan keuangan, e-commerce, ritel, perjalanan dan perhotelan, pendidikan dan komunikasi.

Cara Membuat WhatsApp Business API

Seperti yang Anda lihat, WhatsApp “sangat pilih-pilih” tentang siapa yang dapat mencobanya. Ini dapat dimengerti. Sejak awal, WhatsApp telah sangat berorientasi pada pengguna dan fokus untuk memberikan pengalaman yang aman dan berkualitas tinggi. Dengan perpesanan bisnis, segala sesuatunya bisa menjadi terlalu besar terlalu cepat, jadi mencoba untuk terus mengawasi semuanya mungkin merupakan strategi terbaik.

Pilih Menu Aplikasi

Ada dua cara yang dapat Anda terapkan ke WhatsApp Business API:

Daftar langsung

Dari situs web resmi WhatsApp Business API menawarkan Anda opsi untuk mendaftar secara langsung, melalui jalur ini tidak terlalu efisien. Jika Anda adalah perusahaan berkembang, itu jelas padat karya dan menantang secara teknis.

Misalnya, Anda pasti membutuhkan pengembang untuk menyiapkan API. Padahal, jika itu yang Anda cari, Anda dapat mengakses semua detail proses ini di halaman dukungan resmi Facebook.

Bekerja dengan penyedia layanan WhatsApp Business akan membantu Anda mendapatkan persetujuan lebih cepat dan lebih mudah membantu pekerjaan Anda.

Berikan Data Perusahaan Dengan Benar

Saat Anda memutuskan untuk menerapkan layanan ini, langkah selanjutnya mengharuskan Anda untuk mengirimkan informasi dasar tentang perusahaan Anda dan tren yang Anda miliki dengan layanan WhatsApp, seperti:

  1. Nama Perusahaan
  2. Alamat Website
  3. Jenis Usaha
  4. Wilayah tempat Anda berencana menyediakan layanan WhatsApp
  5. Alamat kantor pusat perusahaan
  6. Tujuan Penggunaan yang Dimaksudkan
  7. Prakiraan volume (pesan/hari)
  8. Waktu untuk memasarkan (kapan Anda berniat meluncurkan layanan)
  9. Proses persetujuan merek dagang dapat memakan waktu hingga dua hingga tiga minggu.

Aktifkan nomor Anda

Setelah pengajuan Anda disetujui, Anda perlu memberikan lebih banyak informasi untuk mengaktifkan nomor telepon Anda. Anda dapat menggunakan nomor baru atau tetap menggunakan nomor lama.

Namun, jika baru, Anda harus mendaftarkan nomor tersebut di aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Untuk melanjutkan proses aktivasi, Anda harus menyiapkan:

  1. ID Pelanggan Pengelola Bisnis Facebook
  2. Nomor telepon akun WhatsApp Business Anda
  3. Nama yang terkait dengan nomor
  4. Wilayah aplikasi Anda
  5. Setelah nomor telepon Anda diaktifkan, semua komunikasi di-host di server virtual

Ini berarti Anda tidak lagi dapat mengakses pesan pengguna melalui telepon Anda. Atau, Anda dapat mengelolanya melalui dasbor atau sistem penyedia solusi Anda. Jadi, pahami dulu kebutuhan sebelum membuat WhatsApp Business API bagi usaha Anda